Home Artikel Teknik Survival, Membuat Api dengan Magic Match

Teknik Survival, Membuat Api dengan Magic Match

by admin
0 comment

Api menjadi salah satu kebutuhan urgen bagi kelangsungan hidup umat manusia.  Dari beberapa fungsi api, mungkin ada dua yang sangat familiar yaitu api digunakan untuk memasak makanan atau minuman dan fungsi api sebagai penghangat badan yang bisa memyelamatkan manusia dari dinginnya alam. Selain yang dua tersebut ada fungsi yang tak kalah penting, khususnya ketika kita dalam kondisi survival di hutan yaitu api bisa dipakai sebagai sinyal disaat kita tersesat.

Begitu pentingnya kebutuhan manusia akan adanya api menjadikan banyak orang berlomba lomba membuat alat dan cara yang bisa dipakai untuk menghasilkan api. Secara umum untuk membuat api memang banyak caranya, mulai dari cara yang mudah sampai pada cara yang sulit. Baik dengan alat yang sederhana maupun dengan menggunakan alat sedikit rumit.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana cara membuat api dengan menggunakan KOREK API MAGIC (Windproof & Waterproof). Selain tahan air alat ini juga tahan angin. Sehingga walaupun terendam air atau terkena terpaan angin kencang, si korek magic windproof & waterproof fire starter ini masih bisa berfungsi dengan sempurna.

Alat ini biasanya berbentuk seperti korek api gas atau korek api kuno,  yang membedakan dan menjadi keunikan dari alat mungil ini adalah di bagian pemantik apinya. Korek api magic ini menggunakan pemantik api berupa ferrocerium yang terpasang disalah satu sisinya. Ferrocerium ini adalah bagian yang mampu menghasilkan percikan api (setelah digesek). Karena harus digesek maka alat ini juga dilengkapi dengan stick khusus yang sudah diselimuti dengan kain khusus pula.

Stick ini tersimpan di lubang silinder di salah satu bagian dari “tubuh” korek mungil ini. Dimana di dalam tabung silinder tersebut harus diisi minyak terlebih dahulu sebelum digunakan. Kalau minyaknya tidak ada maka akan sedikit menguras tenaga dalam menyalakan kain atau sumbu yang sudah menyelimuti stick. perlu kita ketahui bahwa lubang silinder yang dipakai untuk meletakkan stick akan terkunci oleh ulir yang ada di pangkal stick bagian atas. Sehingga minyak yang ada didalam silinder akan tetap aman dan tidak tumpah.

Teknik Menggunakan Korek Magic Windproof & Waterproof

Pertama, sebelum korek ajaib ini dinyalakan sebaiknya kita sediakan bahan bakar atau tindernya terlebih dahulu. Agar ketika nanti api sudah benar benar menyala tinder yang menjadi bahan bakarnya sudah siap. Tinder ini terbagi menjadi dua yaitu tinder alami dan tinder buatan. Tinder alami bisa berupa serabut kelapa yang sudah kering, klaras daun pisang, serutan batang dari batang pohon atau bisa juga berupa rerumputan yang sudah mengering. Sedangkan kalau kita pakai tinder buatan misalnya berupa kapas atau kain.

Langkah kedua, kita putar stick dan kita keluarkan dari silinder yang sudah terisi minyak. Ketiga, setelah stick sudah keluar dan kita pegang, kemudian kita gesekan stick ke bagian ferrocerium sampai timbul percikan api. Keempat, Ulangi gesekan pada ferrocerium sampai stick terbakar. Kelima, setelah stick benar benar terbakar maka arahkan stick yang sudah terbakar ke tinder yang sudah disediakan sebelumnya, sampai tinder terbakar. Keenam: Silahkan manfaatkan api yang sudah menyala dengan baik. Bisa untuk memasak, signaling atau sekedar untuk menghangatkan badan.

Segitiga Api :

Sebagai tambahan bahwa didalam proses menyalakan api setidaknya kita harus memperhatikan tiga unsur komponen pembuntuk api yaitu : (1) sumber api / panas, (2) udara (oksigen) dan (3) bahan bakar. Ketiga komponen unsur tersebut bisa menghasilkan atau berubah menjadi api manakala ketiganya bereaksi sedemikian rupa secara sempurna. Reaksi ini bisa disebut sebagai chemmical chain reaction.

Inti dari reaksi yang kemudian menjadi karakter api ini adalah bahwa pembakaran bisa terjadi manakala perpaduan ketiga unsur tersebut seimbang secara kimiawi. Bahasa mudahnya adalah api tidak akan menyala bila ada salah satu unsur yang terlalu mendominasi atau sebaliknya ada unsur yang porsinya terlalu sedikit dari unsur lain. Perpaduan ketiga unsur pembentuk api tersebut sering disebut sebagai Segitiga Api, yaitu sumber api; oksigen dan bahan bakar.

Pengetahuan tentang segitiga api ini menjadi penting untuk dimengerti karena dengan kita mengetahuinya secara seksama maka proses menyalakan api akan menjadi mudah dan tidak menguras tenaga dan emosi. Pengalaman dilapangan tidak sedikit orang yang berulang kali gagal menyalakan api karena tidak tahu ilmunya. Misal biasanya orang gagal menyalakan api karena terburu buru menambah tinder atau bahan bakarnya padahal nyala api masih kecil dan lemah. Kondisi seperti ini jelas tidak akan menghasilkan sebuah api atau api akan padam karena komposisi segitiga apinya belum sempurna.  (By: Sang Pejuang)

You may also like

Leave a Comment