Home SAR Hidayatullah JATIM 3 Bencana Alam Terdahsyat di Indonesia Tahun 2018

3 Bencana Alam Terdahsyat di Indonesia Tahun 2018

by admin
0 comment

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang paling rawan terjadi bencana alam. Berbagai bencana besar pernah melanda negeri ini. Beberapa diantaranya tercatat sebagai bencana alam terdahsyat di dunia. Bencana alam ini menimbulkan kerugian yang luar biasa. Kerusakan infrastruktur, hingga jatuhnya korban jiwa.

Letak Indonesia di persimpangan dunia. Diapit dua samudera, Pasifik dan Hindia menyimpan potensi bencana tsunami. Letak geografis Indonesia yang berada di atas lempeng tektonik berpotensi menimbulkan gempa. Ratusan gunung api aktif, letusannya menjadi ancaman sewaktu-waktu.

Berikut ini 3 bencana alam terdahsyat di Indonesia sepanjang tahun 2018 yang dirangkum redaksi sarhidjatim.com

1. Gempa Bumi Lombok

Gempa bumi Lombok terjadi pada tanggal 5 Agustus 2018. Pusat gempa berada di 18 km barat laut Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat di kedalaman 32 berkekuatan 7 skala Richter. Guncangan gempa dirasakan di seluruh Pulau Lombok, Bali, Sumbawa, Madura, Jawa bagian timur, sebagian Sumba dan Flores.

SAR Hidayatullah di Gempa Lombok

SAR Hidayatullah di Gempa Lombok

Gempa ini mengakibatkan 500-an korban jiwa dan ratusan ribu orang mengungsi. Kerugian akibat gempa di Lombok ditaksir triliunan rupian meliputi kerusakan pemukiman penduduk, infrastruktur, ekonomi produktif, sektor sosial, dan lintas sektor.

2. Gempa Bumi dan Tsunami Palu

Gempa dengan magnitude 7,4 SR disusul dengan tsunami melanda Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat 28 September 2018. Mengakibatkan puluhan ribu bangunan rusak dan jatuhnya ribuan korban jiwa serta puluhan ribu orang mengungsi. Mayoritas korban meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan bangunan saat gempa dan diterjang tsunami.

SAR Hidayatullah di Gempa Bumi dan Tsunami Palu

SAR Hidayatullah di Gempa Bumi dan Tsunami Palu

Dampak kerugian dan kerusakan di sektor permukiman adalah paling besar karena luas dan masifnya dampak bencana. Berdasarkan data, kerugian akibat gempa dan tsunami di Palu mencapai angka 20 triliun rupiah.

3. Tsunami Selat Sunda

Tsunami selat Sunda terjadi pada tanggal 22 Desember 2018. Tsunami ini disebabkan longsoran bawah laut akibat letusan Anak Krakatau. Tsunami melanda hampir seluruh wilayah di pesisir Banten dan Lampung. Korban jiwa menyentuh angka 500-an, 7.000 orang terluka. Tercatat ribuan bangunan dan fasilitas umum mengalami kerusakan berat. Ditaksir kerugian mencapai triliunan rupiah.

SAR hidayatullah di Tsunami Selat Sunda

SAR hidayatullah di Tsunami Selat Sunda

SAR Hidayatullah Jawa Timur sebagai badan pendukung ormas Hidayatullah yang bertugas mengkoordinasi dan memobilisasi sumberdaya dalam tanggap darurat bencana, tercatat ikut serta dalam aksi kemanusiaan di tiga bencana alam tersebut.

SAR hidayatullah membuka kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam setiap kegiatan aksi tanggap bencana kemanusiaan maupun mitigasi bencana.

Donasi bisa disalurkan melalui:
Rekening SAR HIDAYATULLAH JAWA TIMUR
Bank Muamalat 3150010687
Konfirmasi 0812 1212 0005 (Abu Dzaga)

☆☆☆☆☆☆☆☆☆
SAR Hidayatullah Jawa Timur
Kampus Pesantren Hidayatullah Surabaya
Jl. Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya 60112
Phone. 031 – 5939749, Fax 031 – 5992813,
☆☆☆☆☆☆☆☆☆

⬇ ⬇ ⬇ ⬇

📲 Follow IG: @sarhidayatullahjatim
❤ Facebook : Sarhidayatullahjatim
💌 E-mail : sarhidayatullahjatim@gmail.com
🌐 Website : www.sarhidjatim.com
📌 Location : Surabaya, East Java, Indonesia, South East Asia

⬇ ⬇ ⬇ ⬇

#pedulibencana
#pedulisentani
#pedulijayapura
#peduliyogyakarta
#pedulilombok
#pedulipalu
#peduliindonesia 

You may also like

Leave a Comment