Home SAR Hidayatullah JATIM SAR Hidayatullah Jatim Dipercaya Menjadi Pemateri Diklatsar Lapala dan Talkshow Pahlawan Zaman Now

SAR Hidayatullah Jatim Dipercaya Menjadi Pemateri Diklatsar Lapala dan Talkshow Pahlawan Zaman Now

by admin
0 comment

sahidjatim.com – SAR Hidayatullah Jawa Timur kembali mendapatkan kepercayaan menjadi pemateri dalam dua kegiatan sekaligus. Yakni dalam pendidikan dan latihan dasar (diklatsar) Luqman Al-Hakim Pecinta Alam (Lapala) dan Talkshow Pahlawan Zaman Now.

Hal ini tidak terlepas dari semakin diakuinya kiprah SAR Hidayatullah Jatim dalam berbagai event kebencanaan dan kemanusiaan. Baik dalam kegiatan berskala regional Jawa Timur maupun skala Nasional.

Diklatsar Lapala

Sebuah gebrakan baru di kalangan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al Hakim (STAIL) Surabaya yaitu mengadakan Diklatsar Lapala. Rangkaian kegiatan ini  digelar mulai 10 November hingga 9 Desember 2018.

Diklatsar berisikan berbagai macam materi. Mulai dari tes wawancara, tes tulis, materi Survival dan Mountaineering, manajemen perjalanan, hingga long march. Khusus materi Mountaineering dan Survival, SAR Hidayatullah Jatim menjadi pematerinya.

SAR Hidayatullah Jatim menugaskan Ust. Akhwan Khumaidi, ST dan Ust. Alim Puspinato, M.Kom dalam giat tersebut. Keduanya memberikan materi tali temali, teknik rapling, dan prusik. Kegiatan ini dilaksankan pada Sabtu, (17/11/2018) di lapangan kampus STAIL Surabaya. Praktek rapling dan prusik dengan memanfaatkan lantai gedung SMP-SMA Luqman Al Hakim Surabaya.

Ust. Alim, Ketua SAR Hidayatullah Jatim menyambut baik kegiatan ini. Dia berharap kegiatan semacam ini rutin dilakukan sebagai wadah pembibitan sekaligus sarana rekruitmen anggota SAR Hidayatullah Jatim ke depannya.

 “Lapala STAIL Surabaya adalah aset masa depan. Merekalah yang siap digerakan kapan saja dan kemana saja jika SAR Hidayatullah membutuhkan, ” tegasnya.

Talkshow Pahlawan Zaman Now

Dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November SD Luqman Al-Hakim Surabaya menggelar Talkshow “Pahlawan Zaman Now”, bertempat di hall lantai 4 Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya (15/11).

Kegiatan yang diikuti 120 siswa kelas IV ini berlangsung meriah dan unik. Dengan menghadirkan narasumber dari berbagai latar belakang pekerjaan. Penjaga palang pintu rel kereta api, relawan kemanusiaan, wartawan, dan petugas kebersihan.

Narasumber relawan kemanusiaan diwakili oleh Ust. Alim Puspianto, M.Kom, Ketua SAR Hidayatullah Jawa Timur. Beliau memaparkan hal-hal menarik seputar kegiatan tim Search and Rescue di medan bencana.

“Tim SAR harus siap siaga 24 jam. Jika sewaktu-waktu terjadi bencana, harus langsung berangkat,” jelasnya.

Alim menambahkan, motivasinya bergabung dengan tim  relawan kemanusiaan adalah sebuah hadist yakni, “khoirunnas anfa’uhum linnas”. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.

Selain mengenalkan SAR Hidayatullah terhadap siswa, bapak satu anak ini juga menampilkan dokumentasi foto dan video kegiatan aksi tim SAR Hidayatullah di Lombok NTB dan Palu, Donggala Sulawesi Tengah yang beberapa waktu lalu terjadi gempa bumi dan tsunami.

Ust. Alim yang juga berprofesi sebagai dosen di STAIL Surabaya mengucapkan terima kasih kepada SD Luqman Al-Hakim Surabaya karena siswa-siswinya turut berdonasi membantu saudara-saudara korban bencana melalui SAR Hidayatullah Jawa Timur.

“Alhamdulillah donasi sudah kami salurkan kepada para korban yang sangat membutuhkan” imbuhnya

Dra. Emi Purwandari, ketua panitia menjelaskan bahwa pahlawan tidak hanya yang memanggul senjata berjuang merebut kemerdekaan. Di sekitar kita banyak pahlawan yang tanpa sadar kita sering melupakannya. “Relawan kemanusiaan, petugas kebersihan, penjaga palang pintu rel kereta api, dan wartawan juga pahlawan. Kita wajib menghormati dan menghargainya,” jelasnya. Semoga SAR Hidayatullah senantiasa dalam lindungan Allah Swt. Jaya Jaya Jaya! (Sang Pejuang)

Rekening Donasi:
SAR HIDAYATULLAH JAWA TIMUR
Bank Muamalat 3150010687 a/n SAR HIDAYATULLAH JAWA TIMUR
Konfirmasi 0812 1212 0005 (Abu Dzaga)

☆☆☆☆☆☆☆☆☆
SAR Hidayatullah Jawa Timur
Kampus Pesantren Hidayatullah Surabaya
Jl. Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya 60112
Phone. 031 – 5939749, Fax 031 – 5992813,
☆☆☆☆☆☆☆☆☆

Follow IG: @sarhidayatullahjatim
Facebook : Sarhidayatullahjatim
E-mail : [email protected]
Website : www.sarhidjatim.com
Location : Surabaya, East Java, Indonesia, South East Asia

#sarhidayatullah
#sarhidayatullahjatim
#sigab
#pedulibencana
#pedulisentani
#pedulijayapura
#peduliyogyakarta
#pedulilombok
#pedulipalu
#peduliindonesia

You may also like

Leave a Comment