Home Artikel Outbond Management Training (OMT)

Outbond Management Training (OMT)

by admin
0 comment

Pengertian  dan  Hakikat  Outbound

Outbound adalah suatu metode pembelajaran yang dirancang untuk pengembangan diri dan kelompok. Melalui pembentukan­ keterbukaan, toleransi, kebersamaan. Juga kepekaan terhadap harapan kelompok / orang lain, dengan memanfaatkan alam sebagai media atau sarana belajar.

Menurut Lamury (2003), hakikat outbound  adalah pada saat seseorang meninggalkan kenyamanan rumah tangga/tempat kerja yang dikenal, ke tempat asing dengan mcmpertaruhkan diri dalam berbagai resiko, maka ia telah melakukan outbound.

Pada saat seseorang mengganti cara berpikir dan cara mengcrjakan sesuatu untuk men-dapatkan sesuatu yang baru. Outbound bukan hanya berlangsung pada saat seseorang mengikuti pendidikan dan pelatihan, kapan saja kita mempertaruhkan kenyamanan dan kemapanan yang kita miliki untuk mengejar sesuatu yang baru, dengan sendirinya mengandung resiko, maka berarti telah ber-outbound.Outbond Management Training

SEJARAH  OUTBOUND

Proses mencari pengalaman melalui kegiatan alam terbuka sudah ada sejak jaman Yunani kuno.  Menurut Ancok (2002), pendidikan melalui kegiatan alam terbuka ini mulai dilakukan pada tahun 1821 saat didirikan Round Hill School.  Secara sistematik pendidikan melalui kegiatan outbound dimulai pada tahun 1941 di Inggris.

Lembaga pendidikan outbound pertama ini dibangun oleh Kurt Hahn, seorang pendidik berkebangsaan Jerman yang bekerjasama dengan seorang pedagang Inggris bernama Lawrence Holt. Kedua orang ini membangun pendidikan berdasarkan petualangan (adventured based education).

Pendidikan bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran di kalangan muda bahwa tindakan yang dilakukan selama pendidikan membawa konsekuensi dan menumbuhkan rasa kebersamaan dan kasih sayang pada orang lain.

Sukses dari lembaga pendidikan tersebut membuat banyak lembaga pendidikan sejenis dibangun di berbagai negara antara lain di Inggris, Eropa, Afrika, Asia dan Australia.  Begitu pula di Indonesia, lembaga-lembaga pendidikan manajemen telah banyak menggunakan metode outbound dalam mengajarkan konsep manajemen.

Metode outbound juga telah digunakan untuk kepentingan terapi kejiwaan, meningkatkan konsep diri anak nakal, pecandu narkotika, dan kesulitan di dalam hubungan sosial dan penggunaan metode outbound saat ini juga sudah merambah ke dalam dunia pendidikan dan pelatihan aparatur (Lamury, 2003).

Filosofi  Outbound

Filosofi yang dipergunakan dalam pelatihan outbound adalah :
⦁ Manusia perlu belajar dari alam, belajar dari pengalaman nyata, antara lain melalui interaksi dengan alam dan interaksi antar peserta.
⦁ Melepaskan diri dari belenggu rutinitas.
⦁ Eksperimen mengembangkan berbagai macam     alternatif pemecahan  persoalan/masalah/ game.
⦁ Belajar secara kolektif/bersama memahami perilaku orang lain dan pemahaman yang lebih  komprehensif.

Tujuan outbound

Secara umum, pelatihan outbound bertujuan untuk :
⦁ Meningkatkan kemampuan bekerjasama, rasa percaya diri, kepekaan terhadap tanggungjawab dan kebutuhan orang lain.
⦁ Menanamkan rasa cinta, solidaritas dan loyalitas terhadap kelompok.
⦁ Meningkatkan kepekaan terhadap kelestarian lingkungan hidup.
⦁ Menumbuhkan dan meningkatkan motivasi dan keyakinan diri anggota akan kemampuan diri untuk siap berperan mencapai visi dan tujuan kelompok secara kreatif.
⦁ Memberikan suasana penyegaran dan memecahkan kekakuan birokrasi.

METODE  OUTBOUND

Metode yang dipergunakan dalam pelatihan outbound adalah metode belajar dari pengalaman (Experiential Learning Cycle) dan belajar sambil bekerja (Learning by doing).  Konsep outbound dikondisikan dalam suatu tantangan yang menarik dengan kegiatan alam terbuka sebagai media belajar. Tantangan fisik dan mental didesain secara khusus untuk memberikan pengalaman belajar tanpa melampaui kapasitas fisik seseorang.

Melalui kegiatan refleksi peserta dapat memetik makna dari proses pembelajaran, mengarah pada pelaksanaan fungsi manajemen dan manfaat permainan bagi pengembangan kerjasama tim dan pengembangan diri untuk menghadapi tantangan berikutnya.

You may also like

Leave a Comment