Home SAR Hidayatullah JATIM Up Grade Skill SAR Hidayatullah Jawa Timur Bersama SAR Surabaya

Up Grade Skill SAR Hidayatullah Jawa Timur Bersama SAR Surabaya

by admin
0 comment

SURABAYA (www.sarhidjatim.com) – Search And Rescue (SAR) Hidayatullah Jawa Timur mendelegasikan anggotanya dalam kegiatan Upgrade Skill yang diselenggarakan oleh SAR Surabaya, Sabtu (30/03/2019).

Bertempat di kantor Badan SAR Nasional (BASARNAS) Surabaya, Jl. Raya Bandar Udara Juanda, Sidoarjo, kegiatan ini diikuti oleh perwakilan relawan yang tergabung dalam Potensi SAR se-Jawa Timur.

Ketua SAR Surabaya R. Arif Firmansyah menyampaikan bahwa respon dan animo rekan-rekan Potensi SAR terhadap kegiatan ini sangat luar biasa sehingga peserta dibatasi hanya 50 peserta. Hal itu dilakukan untuk menjaga kualitas pelatihan.

Kegiatan ini berlangsung mulai jam 08.00 – 16.00 WIB. Berisikan dua materi yaitu High Angle Rescue Technic (HART) dan Medical First Responder (MFR). Dengan pembagian 25 peserta untuk materi HART dan 25 peserta untuk materi MFR. Meteri mulai dari pengenalan alat sampai pada teknis penggunaan serta proses evakuasi korban.

Giat Upgrade Skill SAR Hidayatullah Jawa Timur

Giat Upgrade Skill SAR Hidayatullah Jawa Timur

Pada materi HART, peserta diajarkan cara dan simulasi evakuasi korban yang posisinya di dalam jurang. Sebelum proses simulasi evakuasi, peserta dikenalkan dan diajarkan tentang teknik membuat simpul yang akan digunakan. Sedangkan di materi MFR peserta diajarkan teknik pertolongan pertama pada kecelakaan. Seperti teknik RJP (Resusitasi Jatung Paru), cek denyut jantung, teknik pernafasan buatan, dan lain sebagainya.

Kesan Delegasi SAR Hidayatullah Jawa Timur

Samir, delegasi SAR Hidayatullah Jawa Timur mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Baginya, upgrade skill ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasannya tentang keahlian HART.

“Bangga dan senang sekali bisa mengikuti kegiatan ini. Selain menambah ilmu terkait teknik HART juga menyambung silaturahim dengan teman-teman potensi SAR lainnya. Pelatihan ini sangat bermanfaat, karena ilmunya sangat aplikatif sehingga langsung bisa dipraktekkan saat kita terjun ke lapangan nantinya” ujarnya.

Sementara itu, Alim Puspianto ketua SAR Hidayatullah Jawa Timur mengucapkan terima kasih kepada SAR Surabaya atas diterimanya 2 anggotanya dalam mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya ucapkan terimaksih kepada SAR Surabaya yang telah mengadakan giat pelatihan ini dan menerima 2 anggota kami”, ujarnya.

Alim juga menyampaikan bahwa keikutsertaan anggotanya pada kegiatan ini merupakan salah satu program kerja SAR Hidayatullah Jawa Timur. Selain bertujuan menjalin komunikasi, silaturahmi sesama potensi SAR, juga untuk meningkatkan skill anggota dalam teknik operasional kebencanaan. Harapan ke depan, setiap anggota SAR Hidayatullah Jawa Timur memiliki spesifikasi keahlian khusus di bidang masing-masing.

“Kegiatan semacam ini merupakan salah satu program kerja SAR Hidayatullah Jawa Timur yang bertujuan membangun komunikasi dan menguatkan silaturahim dengan potensi SAR di Jawa Timur. Selain itu juga untuk meningkatkan kompetensi keahlian anggota”, ujarnya.

SAR Hidayatullah Jawa Timur merupakan lembaga di bawah naungan SAR Hidayatullah Nasional yang berperan melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan milik ormas Hidayatullah yang bersifat lembaga otonom di bawah pengawasan langsung DPP Hidayatullah. (Sang Pejuang)

Donasi bantuan peduli bencana:
Rekening SAR HIDAYATULLAH JAWA TIMUR
Bank Muamalat 3150010687
Konfirmasi 0812 1212 0005 (Abu Dzaga)

☆☆☆☆☆☆☆☆☆
SAR Hidayatullah Jawa Timur
Kampus Pesantren Hidayatullah Surabaya
Jl. Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya 60112
Phone. 031 – 5939749, Fax 031 – 5992813,
☆☆☆☆☆☆☆☆☆

⬇ ⬇ ⬇ ⬇

📲 Follow IG: @sarhidayatullahjatim
❤ Facebook : Sarhidayatullahjatim
💌 E-mail : [email protected]
🌐 Website : www.sarhidjatim.com
📌 Location : Surabaya, East Java, Indonesia, South East Asia

⬇ ⬇ ⬇ ⬇

#pedulibencana
#pedulisentani
#pedulijayapura
#peduliyogyakarta
#pedulilombok
#pedulipalu
#peduliindonesia 

You may also like

Leave a Comment