Home SAR Hidayatullah JATIM Asah Kemampuan Survival, SAR Hidayatullah Jatim Ikuti Giat Edukasi Alam Bebas

Asah Kemampuan Survival, SAR Hidayatullah Jatim Ikuti Giat Edukasi Alam Bebas

by admin
0 comment

Mengasah Kemampuan Survival Skill Sebagai Langkah Antisipatif

SURABAYA (sarhidjatim.com) – Search And Rescue (SAR) Hidayatullah Jawa Timur kembali meng-upgrade skill anggotanya dengan mengikuti edukasi alam bebas yang diadakan oleh Forum Bersama Lintas Komunitas (Formalitas) di Bundaran Waru pada Minggu, 07 April 2019.

Tak kurang dari 100 peserta mengikuti kegiatan ini. Mereka terdiri dari puluhan komunitas penggiat alam bebas seperti LAPALA, Navigator Shooter, SISPALA, Survival Skill Indonesia dan lain sebagainya.

Giat edukasi alam bebas ini dilaksanakan di tempat terbuka tepatnya di bundaran Waru, perbatasan Surabaya dan Sidoarjo. Ketua panitia, Suryanto menjelaskan dipilihnya bundaran Waru sebagai tempat kegiatan karena memang menyesuaikan dengan tema yaitu “Edukasi Alam Bebas”.

“Dipilihnya Bundaran Waru ini karena lokasinya yang strategis dan cocok banget dengan tema yaitu ‘Edukasi Alam Bebas’ maka kami pilih tempat ini. Kami juga sudah menerima ijin dari pihak terkait untuk pelaksanaan kegiatan ini”, Ujarnya

Suryanto menambahkan, pada edukasi alam bebas kali ini panitia mengambil materi tentang Survival. Tujuanya untuk membekali anak anak muda khususnya para penggiat alam bebas atau pendaki gunung yang berada di surabaya dan sekitarnya.

Adapun pemateri Survival pada kegiatan edukasi alam bebas kali ini diisi oleh Om Wawan dari Survival Skill Indonesia (SSI) Chapter Jawa Timur. Dalam penyampaiannya Wawan menekankan tentang pentingnya penguasaan PMA (Possitive Mental Attitude) yaitu berpikir positif terhadap situasi yang di hadapi ketika kondisi darurat atau survival. Seperti kebanyakan, pada saat kondisi darurat biasanya orang akan langsung panik sehingga akan memperkeruh situasi dan terjadilah hal yang tidak diinginkan. Maka yang harus dilakukan adalah menggunakan akal sehat untuk berusaha tenang , berpikir dan kemudian mencari jalan keluar.

“PMA ini merupakan hal yang paling penting pada kondisi darurat karena meski banyak teknik dan ilmu yang dikuasai jika mental lemah atau panik maka semuanya akan sia sia”. Tegasnya.

Menjaring Potensi SAR Dengan Latihan Bersama

Sementara itu Muslimin, ketua Formalitas menyampaikan bahwa kegiatan edukasi alam bebas ini merupakan kegiatan rutin satu bulan sekali. Dengan tema yang berbeda tiap bulannya.

“Kegiatan edukasi alam bebas ini adalah kegiatan rutin tiap bulan. Dimana tiap bulannya selalu mengambil tema yang berbeda beda. Seperti sekarang mengambil tema survival, bulan depan rencana temanya adalah edukasi penanganan satwa liar” Ujarnya

Selain itu, Muslimin menegaskan bahwa selain sharing ilmu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaring potensi relawan SAR di sekitaran Surabaya.

“Kegiatan edukasi alam bebas ini juga bertujuan untuk menjaring potensi SAR di Surabaya. Sehingga sewaktu waktu ada kejadian kita sudah punya akses relawan yang siap digerakan untuk aksi kemanusian”. imbuhnya

Para peserta giat ini terlihat sangat serius dan antusia mengikuti rangkaian kegiatan ini. Baik materi yang sifatnya teori lebih lebih materi praktek dilapangan. Merekapun sangat senang dapat belajar ilmu dan skill survival ini. Seperti yang disampaikan oleh Haryadi, salah satu peserta dari Search and Rescue (SAR) Hidayatullah Jawa Timur. Dia merasa beruntung bisa bergabung dan belajar ilmu Survival di edukasi alam bebas ini. Apalagi di Jawa Timur sering terjadi pendaki yang hilang bahkan sampai ada yang meninggal di gunung. Sehingga ilmu dan skill survival  sangat bermanfaat sekali bagi relawan ketika aksi rescue di tengah hutan.

“Senang sekali bisa belajar ilmu survival ini. Apalagi jawa timur ini kan banyak gunung dan sering terjadi insiden seperti pendaki hilang, tersesat bahkan ada yang sampai meninggal dunia.” Ujarnya. (Sang Pejuang)

Donasi bantuan peduli bencana:
Rekening SAR HIDAYATULLAH JAWA TIMUR
Bank Muamalat 3150010687
Konfirmasi 0812 1212 0005 (Abu Dzaga)

☆☆☆☆☆☆☆☆☆
SAR Hidayatullah Jawa Timur
Kampus Pesantren Hidayatullah Surabaya
Jl. Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya 60112
Phone. 031 – 5939749, Fax 031 – 5992813,
☆☆☆☆☆☆☆☆☆

⬇ ⬇ ⬇ ⬇

📲 Follow IG: @sarhidayatullahjatim
❤ Facebook : Sarhidayatullahjatim
💌 E-mail : [email protected]
🌐 Website : www.sarhidjatim.com
📌 Location : Surabaya, East Java, Indonesia, South East Asia

⬇ ⬇ ⬇ ⬇

#pedulibencana
#pedulisentani
#pedulijayapura
#peduliyogyakarta
#pedulilombok
#pedulipalu
#peduliindonesia 

You may also like

Leave a Comment