Home Artikel Survival, Teknik Signaling Mirror Dengan Heliograf

Survival, Teknik Signaling Mirror Dengan Heliograf

by admin
0 comment

Teknik Signaling Mirror Dengan Heliograf

Menjadi seorang petualang, pendaki atau pecinta alam harus siap dengan resiko tinggi. Banyak bahaya yang pasti akan ditemui, mulai dari keadaan alam, cuaca, medan, dan keadaan mahluk hidup di sekitarnya. Bahkan bahaya itu tidak jarang datangnya dari diri kita sendiri berupa mental, fisik, dan kesehatan. Sebelum seseorang memutuskan untuk terjun ke dunia pecinta alam perlu kiranya membekali diri dengan ilmu survival.

Signaling Mirror Heliograph

Signaling Mirror Heliograph

Tulisan ini akan memaparkan tentang salah satu aspek penting dalam ilmu Survival yaitu tentang Signaling atau pemancaran tanda. Ketika kita tersesat misalnya, sudah pasti kita ingin minta bantuan supaya bisa kembali ke jalur yang benar. Sebelum bantuan itu datang, terlebih dahulu kita harus membuat diri kita terlihat oleh orang yang mau menolong kita. Signaling sangat penting untuk kita pelajari karena dengan mengetahuinya kita bisa memberitahu posisi koordinat kita ketika tersesat. Baik tersesat di tengah hutan, gurun atau tengah lautan.

Pemancaran Tanda Signaling Mirror

Salah satu pemancaran tanda adalah menggunakan teknik signaling mirror. Signaling mirror itu sendiri adalah suatu alat yang mampu memantulkan cahaya atau sinar refleksi. Karena sifatnya memantulkan cahaya maka sudah pasti alat ini dipakai pada kondisi siang hari yaitu saat matahari bersinar terang. Sehingga sinar atau cahaya matahari itulah yang akan dimanfaatkan oleh signaling mirror untuk memberikan signal atau tanda kepada objek yang dituju.

Banyak alat yang bisa dipakai sebagai signaling mirror ini seperti kepingan CD, kaca atau cermin, permukaan aluminium foil dan lain sebagainya. intinya adalah benda yang memiliki sifat refleksi memantulkan cahaya. Prinsip kerjanya yaitu dengan memantulkan sinar ke arah tertentu atau sasaran objek yang dituju. Sehingga hasil pantulannya mengenai atau bisa diterima oleh sasaran, dalam hal ini tim penyelamat.

Alat signaling mirror yang standard dan biasa dipakai oleh pegiat alam bebas adalah Heliograf. Alat ini bentuknya seperti cermin kecil dengan ukuran lebar sekitar 5 cm dan panjangnya 7,5 cm. Ada semacam lubang jaring jaring tepat di tengah tengah cermin tersebut. Lubang jaring jaring ini yang nantinya dipakai untuk mengintai atau membidik sehingga pantulan sinar bisa tepat mengenai objek sasaran.

Jangkauan pantul dari Heliograf ini sangat jauh bisa melebihi batas penglihatan kita yaitu bisa mencapai 72 km. Usahakan posisi kita saat mengunakan Heliograf ini berada diposisi yang menguntungkan seperti puncak perbukitan atau dataran yang lebih tinggi dari lainnya atau bila perlu kita harus memanjat pohon sehingga kita bisa leluasa membidik target sasaran.

Teknik Signaling Mirror Heliograph

Teknik Signaling Mirror Heliograph

Adapun langkah-langkah teknik menggunakan alat Heliograf ini adalah sebagai berikut.

Pertama, arahkan kaca permukaan Heliograf ke sumber cahaya.

Kedua, angkat tangan kiri kita searah dengan sumber cahaya selanjutnya buka telapak tangan kiri sehingga menghadap ke cermin permukaan Heliograf.

Ketiga, bidik dengan mata kita melalui lubang jaring jaring yang ada di tengah tengah kaca Heliograf

Keempat, arahkan pantulan cahaya tepat di tengah tengah telapak tangan kiri kita

Kelima, setelah pantulan terlihat jelas oleh kita selanjutnya turunkan dengan perlahan lahan telapak tangan kiri kita dan pastikan pantulan sinar masih terlihat dengan jelas oleh mata kita.

Keenam, bidik target sasaran dengan cahaya pantulan dari heliograf

Terakhir, setelah target tertembak, goyang goyangkanlah/ gerak gerakanlah pantulan sinar heliograf tersebut dengan tujuan agar target sasaran sadar dan mengerti kemudian segera merespon dengan mengirim bantuan kepada kita.

Semoga bermanfaat. Salam lestari. Salam kompak dibagi rata. (Sang Pejuang)

Rekening Donasi:
SAR HIDAYATULLAH JAWA TIMUR
Bank Muamalat 3150010687 a/n SAR HIDAYATULLAH JAWA TIMUR
Konfirmasi 0812 1212 0005 (Abu Dzaga)

☆☆☆☆☆☆☆☆☆
SAR Hidayatullah Jawa Timur
Kampus Pesantren Hidayatullah Surabaya
Jl. Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya 60112
Phone. 031 – 5939749, Fax 031 – 5992813,
☆☆☆☆☆☆☆☆☆

 Follow IG: @sarhidayatullahjatim
Facebook : Sarhidayatullahjatim
E-mail : [email protected]
Website : www.sarhidjatim.com
Location : Surabaya, East Java, Indonesia, South East Asia

#sarhidayatullah
#sarhidayatullahjatim
#sigab
#pedulibencana
#pedulisentani
#pedulijayapura
#peduliyogyakarta
#pedulilombok
#pedulipalu
#peduliindonesia

You may also like

Leave a Comment