Home Artikel Survival: Teknik Membuat Api Dengan Fire Starter

Survival: Teknik Membuat Api Dengan Fire Starter

by admin
0 comment

Membuat Api Dengan Fire Starter

Salah satu kebutuhan terpenting dalam kondisi bertahan hidup (survival) adalah api.  Selain bisa digunakan untuk memasak makanan, api juga bisa dipakai sebagai penghangat badan yang bisa memberikan kenyamanan tersendiri. Fungsi penting lain dari api adalah bisa dipakai sebagai sinyal untuk memberikan tanda keberadaan kita supaya bisa diketahui oleh tim SAR.

Fire Starter

Fire Starter

Banyak cara yang bisa dipakai untuk membuat api. Mulai dari cara yang mudah sampai pada cara yang sulit. Baik dengan alat buatan maupun dengan peralatan alami yaitu memanfaatkan potensi yang sudah disediakan oleh alam.

Pada tulisan ini, kita akan berbagi tips tentang cara membuat api dengan menggunakan fire starter. Apa itu fire starter? suatu alat yang mampu menghasilkan percikan api. Alat ini tahan air sehingga walaupun terkena air atau bahkan terendam, fire starter masih bisa berfungsi dengan baik. Fire starter biasanya terdiri dari dua komponen yaitu Ferrocerium dan Magnesium. Tapi di pasaran ada juga jenis fire starter yang hanya terdiri dari Ferrocerium saja.

Apa itu Magnesium dan Ferrocerium?

Ferrocerium adalah bagian yang mampu menghasilkan percikan api, setelah digesek. Sedangkan Magnesium adalah sebagai bahan bakarnya, setelah diserut terlebih dahulu. Perlu kita ketahui bahwa serutan Magnesium sangat mudah terbakar bahkan pada kondisi basah.

Magnesium

Magnesium

 

Sebelum kita paparkan cara membuat api dengan fire starter, kita perhatikan kompenen dan sifat api. Hal ini penting agar kita paham tentang karakter api sebelum membuatnya.

Setidaknya ada tiga unsur komponen pembentuk api. Yakni panas, udara/oksigen, dan bahan bakar. Ketiga komponen unsur tersebut bisa menghasilkan atau berubah menjadi api manakala ketiganya bereaksi sedemikian rupa secara sempurna. Reaksi ini bisa disebut sebagai Chemmical Chain Reaction. Inti dari reaksi yang kemudian menjadi karakter api ini adalah bahwa pembakaran bisa terjadi manakala perpaduan ketiga unsur tersebut seimbang secara kimiawi.

Bahasa mudahnya adalah api tidak akan menyala bila ada salah satu unsur yang terlalu mendominasi. Atau sebaliknya ada unsur yang porsinya terlalu sedikit dari unsur lain. Perpaduan ketiga unsur pembentuk api tersebut sering disebut sebagai segitiga api yaitu sumber api, oksigen, dan bahan bakar.

Fire Starter Segitiga Api

Fire Starter Segitiga Api

Perlu kita ketahui bahwa para pegiat alam bebas sering menyebut bahan bakar pembuat api dengan istilah Tinder. Nah, Tinder ini ada dua macam, yakni alami seperti ranting pohon, dedaunan, sabut kelapa, dan sejenisnya. Ada juga tinder buatan seperti tisu, serutan Magnesium, kapas, plastik, kain, dan lain sebagainya.

Bila kita tidak memahami karakter pembetuk api ini maka tidak heran jika kita akan kesulitan menghidupkan atau membuat api dengan fire starter.

Teknik Menggunakan Fire Starter

Langkah pertama, sediakan bahan bakar atau tindernya terlebih dahulu. Bisa menggunakan tinder alami atau tinder buatan.

Langkah ke-dua, kondisikan tinder sedemikian rupa sehingga nantinya banyak sudut atau titik-titik yang mampu menangkap percikan api dari fire starter.

Langkah ke-tiga, gesek fire starter dan kita arahkan hasil percikan apinya ke bagian tinder yang sudah dikondisikan tadi.

Langkah ke-empat, ulangi gesekan pada fire starter sampai mampu menghasilkan api atau hingga tinder terbakar.

Langkah ke-lima, setelah muncul api atau tinder terbakar, masukan atau susul dengan tinder lainnya yang sudah disediakan sebelumnya dengan tetap memperhatikan segitiga api. Jangan sampai terlalu semangat memasukan tinder sementara apinya masih kecil. Pasti bukan tambah besar yang ada apinya malah mati karena perpaduan unsurnya tidak seimbang.

Langkah ke-enam, silahkan manfaatkan api yang sudah menyala dengan baik. Bisa untuk memasak, signaling atau sekedar untuk menghangatkan badan. Selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat. (Alim Puspianto, M.Kom – Komandan Wilayah SAR Hidayatullah Jatim)

Rekening Donasi:
SAR HIDAYATULLAH JAWA TIMUR
Bank Muamalat 3150010687 a/n SAR HIDAYATULLAH JAWA TIMUR
Konfirmasi 0812 1212 0005 (Abu Dzaga)

☆☆☆☆☆☆☆☆☆
SAR Hidayatullah Jawa Timur
Kampus Pesantren Hidayatullah Surabaya
Jl. Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya 60112
Phone. 031 – 5939749, Fax 031 – 5992813,
☆☆☆☆☆☆☆☆☆

Follow IG: @sarhidayatullahjatim
Facebook : Sarhidayatullahjatim
E-mail : sarhidayatullahjatim@gmail.com
Website : www.sarhidjatim.com
Location : Surabaya, East Java, Indonesia, South East Asia

#sarhidayatullah
#sarhidayatullahjatim
#sigab
#pedulibencana
#pedulisentani
#pedulijayapura
#peduliyogyakarta
#pedulilombok
#pedulipalu
#peduliindonesia

You may also like

Leave a Comment