Home SAR Hidayatullah JATIM Sharing Session dan Scuba Diving SAR Hidayatullah Jatim Bersama I-DERU

Sharing Session dan Scuba Diving SAR Hidayatullah Jatim Bersama I-DERU

by admin
0 comment

TUBAN (sarhidjatim.com) – Kemampuan dan kecakapan skill dalam melakukan operasi kemanusiaan di daerah bencana menjadi prasyarat utama. Search and Rescue (SAR) Hidayatullah Wilayah Jawa Timur sebagai salah satu garda terdepan operasi kemanusiaan terus mengasah kemampuan.

Kali ini SAR Hidayatullah Jawa Timur mengirimkan delegasinya dalam sharing sesion dan pelatihan scuba diving di Tuban, Jawa Timur. Keegiatan ini digelar selama dua hari, 27-28 April 2019 lalu.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Indonesian Disaster Energency Response Unit (I-DERU) Provinsi Jawa Timur. Dipusatkan di Universitas Sunan Bonang (Unang) Kabupaten Tuban.

Pran Supriadi, ketua panitia penyelenggara menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para relawan dalam menghadapi pra bencana, saat tanggap darurat, dan pasca bencana. Khususnya bencana yang bersifat hidrometeorologi.

“Kegiatan ini salah satu tujuannya untuk mengurangi resiko bencana dan meningkatkan kapasitas relawan terutama dalam bencana di perairan” jelasnya.

Febry Yoga, Ketua I-DERU Pusat Jakarta mengatakan bahwa menjadi seorang relawan tak hanya bermodal keikhlasan tapi juga dituntut memiliki kemampuan. Untuk itulah relawan harus memahami resiko dalam operasi kebencanaan. Dengan meningkatkan kapasitas, resiko yang dihadapi relawan bisa diperkecil.

“Menjadi relawan atau pejuang kemanusiaan adalah pilihan yang sangat mulia. Namun perlu diingat jadi relawan bukan hanya modal keikhlasan saja, tapi diperlukan kompetensi untuk menanggulangi bencana,” tegasnya.

Nuzul Arifin, salah satu delegasi SAR Hidayatullah Jawa Timur berharap kegiatan semacam ini terus diadakan secara rutin agar skill relawan terus meningkat. Dia mengaku pelatihan penyelamatan bencana bawah air sangat bermanfaat, khususnya bagi relawan yang mengambil spesialisasi water rescue.

“Pelatihan Water rescue penyelamatan bawah air perlu secara rutin diadakan. Selain untuk meningkatkan skill relawan, forum semacam ini bisa kita gunakan sebagai wadah komunikasi dan silaturahmi antar relawan” ujarnya.

Sharing Session dan Pelatihan Scuba Diving disupport oleh PT Solusi Bangun Indonesia Tbk, PT Semen Indonesia Tbk, Ubjom PJB PLTU Tanjung Awar-awar, PT Semen Indonesia Logistik (Silog), dan PT Wings Food Group. Selain itu, dari BPBD Kabupaten Tuban, dan Rektor Unang Tuban. (Cakrud)

Donasi bantuan peduli bencana:
Rekening SAR HIDAYATULLAH JAWA TIMUR
Bank Muamalat 3150010687
Konfirmasi 0812 1212 0005 (Abu Dzaga)

☆☆☆☆☆☆☆☆☆
SAR Hidayatullah Jawa Timur
Kampus Pesantren Hidayatullah Surabaya
Jl. Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya 60112
Phone. 031 – 5939749, Fax 031 – 5992813,
☆☆☆☆☆☆☆☆☆

⬇ ⬇ ⬇ ⬇

📲 Follow IG: @sarhidayatullahjatim
❤ Facebook : Sarhidayatullahjatim
💌 E-mail : sarhidayatullahjatim@gmail.com
🌐 Website : www.sarhidjatim.com
📌 Location : Surabaya, East Java, Indonesia, South East Asia

⬇ ⬇ ⬇ ⬇

#pedulibencana
#pedulisentani
#pedulijayapura
#peduliyogyakarta
#pedulilombok
#pedulipalu
#peduliindonesia 

You may also like

Leave a Comment