Home SAR Hidayatullah JATIM SAR Hidayatullah se-Indonesia Akan Hadiri Rapimnas III dan Diklat Lanjutan

SAR Hidayatullah se-Indonesia Akan Hadiri Rapimnas III dan Diklat Lanjutan

by admin
0 comment

Search and Rescue (SAR) Hidayatullah akan menggelar Rapat  Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-III di Pusat Dakwah Hidayatullah, Jl. Cipinang Cempedak 1/14 Otista Polonia, Jakarta. Rapimnas III ini akan dirangkai dengan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Lanjutan di kompleks Villa Qur’an Hidayaturrahman, Kaki Gunung Bunggalow, Ciawi, Bogor. Rangkaian kegiatan ini akan dilaksanakan pada 19-22 Maret 2020 mendatang.

Agenda tahunan ini bertema “Sinergi dan Konsolidasi Nasional untuk Mewujudkan Visi SAR Nasional Hidayatullah”, akan dihadiri oleh sedikitnya 150 peserta. Selain Pengurus pusat SAR Hidayatullah, kegiatan ini akan diikuti oleh 18 Pengurus Wilayah (PW) SAR Hidayatullah seluruh Indonesia. Mulai dari PW SAR Hidayatullah Kepulauan Riau di ujung barat Indonesia, hingga Papua di ujung Timur Indonesia menyatakan kesiapan kehadirannya.

“Selain pengurus pusat dan wilayah, kegiatan ini akan diikuti oleh anggota SAR Hidayatullah yang telah mengikuti Diklat dasar dan pernah ditugaskan di medan bencana,” kata Ketua Pengurus Pusat SAR Hidayatullah, Abbas Usman yang dalam keterangannya diterima media ini, Sabtu (29/02/2020).

Abbas menjelaskan, tujuan kegiatan ini sebagai wadah koordinasi, konsolidasi, evaluasi, dan sosialisasi program strategis satu tahun ke depan. Khusus untuk kegiatan Diklat Lanjutan dimaksudkan untuk meng-up grade kemampuan seluruh anggota SAR Hidayatullah di bidang Navigasi Darat.

“Instrumen paling penting dan strategis untuk menjalankan fungsi Tim SAR adalah terus berlatih dan berlatih meningkatkan kemampuan dan kecakapan skill dalam penanganan misi kemanusiaan,” kata Abbas dalam keterangan tertulisnya.

SAR Hidayatullah merupakan badan pendukung ormas Hidayatullah yang concern dalam mengkoordinasi dan memobilisasi sumberdaya dalam tanggap darurat bencana, mitigasi, kewaspadaan dini dan rehabilitasi pasca bencana. Sehingga dituntut untuk selalu siap dan siaga menghadapi tantangan kebencanaan di level lokal, nasional, bahkan global.

Abbas juga menjelaskan, SAR Hidayatullah hadir dalam rangka ikut meningkatkan sumber daya manusia, mewujudkan masyarakat madani, melestarikan keutuhan agama, masyarakat yang ber- Bhineka Tunggal Ika, kehidupan bermasyarakat yang rukun dan damai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah SAR Hidayatullah Jawa Timur, Alim Puspianto, menambahkan, Rapimnas III ini adalah ajang silaturrahim sekaligus sarana edukatif untuk pengurus  dan anggota SAR dari seluruh Indonesia.

“Rapimnas dan Diklat Lanjutan ini merupakan sarana pembinaan yang menitik beratkan pada sinergi program dan gerak langkah serta peningkatan skill diri peserta, baik sisi mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial anggota sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat,” kata Alim.

Pengurus Wilayah SAR Hidayatullah Jawa Timur berencana memberangkatkan potensi relawan dari unsur kemahasiswaan dan anggota SRU wilayah yang menjadi mitra sinergi program SAR Hidayatullah di Jawa Timur.

Kegiatan Rapimnas III dan Diklat Lanjutan ini akan dihadiri berbagai unsur bidang kebencanaan. Diantaranya dari TNI, Polri, Badan SAR Nasional (Basarnas), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Tokoh Inspiratif Peduli Kemanusiaan, Departemen Sosial Pusat Hidayatullah, Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Tim Aksi Sosial Kemanusiaan (TASK), dan Islamic Medical Service (IMS).*Cakrud/sarhidjatim.com

You may also like

Leave a Comment