Home SAR Hidayatullah JATIM Perkuat Skill SAR Hidayatullah Jatim Libatkan Anggotanya Dalam LATGAB Pahlawan Penyelamat

Perkuat Skill SAR Hidayatullah Jatim Libatkan Anggotanya Dalam LATGAB Pahlawan Penyelamat

by admin
0 comment

MALANG (www.sarhidjatim.com) – SAR Hidayatullah Jawa Timur mengirim pasukan untuk mengikuti Latihan Gabungan (LATGAB) “Pahlawan Penyelamat” yang berlangsung di Bendungan Selorejo Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur (7-8/3).

Acara LATGAB “Pahlawan Penyelamat” yang berlangsung selama 2 hari tersebut diselenggarakan oleh SAR Samudra dan SAR Belanegara. Sekitar 57 peserta dari berbagai lembaga mengikuti kegiatan ini, diantaranya Jala Wira Universitas Hang Tuah Surabaya, PMI Malang, Navigator Shooter Jawa Timur, RAPI, Senkom, ACT, Relawan Nusatara dan Inavor.

Ketua panitia sekaligus Komandan SAR Samudra, Nurcholis menyampaikan bahwa tujuan diadakannya latihan ini adalah mereview kembali materi materi tentang penyelamatan dan masalah yang berkaitan dengan relawan. Selanjutnya diharapkan peserta bisa terlibat aktif pada operasi-operasi kemanusiaan yang melibatkan SAR. Selain itu latihan ini juga sebagai penguat jaringan antar relawan yang ada di Jawa Timur khususnya dan Indonesia umumnya.

Tujuan kegiatan latgab ini ya untuk mereview materi materi tentang SAR, sekaligus sebagai sarana untuk memperkuat jaringan relasi antar relawan se jatim dan Indonesia tentunya” Terangnya

Kegiatan LATGAB ini dilaksanakan di bendungan Selorejo Ngantang  Kabupaten Malang. Lokasi ini dipilih karena memenuhi syarat dipakai untuk latihan water rescue dan vertical rescue, sekaligus lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Adapun fokus materi pada giat ini adalah penanggulangan kebakaran, water rescue, vertical rescue hingga materi kemedisan. Pada materi penanganan kebakaran peserta diajarkan tentang teknik penyelamatan saat terjebak kebakaran. Selain itu teknik memadamkan api dengan alat pemadam ringan (APAR) dan teknik pemadaman dengan pembasahan kain juga dipraktekkan di pelatihan ini. Sedangkan pada materi water rescue peserta diajarkan tentang alat standar keamanan bagi para penolong dan teknik rescue korban tenggelam. Pada pelatihan ini juga diajarkan tentang standar alat pelindung diri saat merescue korban meninggal karena tenggelam. Selain itu materi tentang pengenalan alat dan simulasi vertical rescue juga dipraktekan.

Alim Puspianto, Ketua SAR Hidayatullah Jawa Timur mengatakan, bahwa SAR Hidayatullah Jawa Timur sengaja mengikutsertakan anggotanya dalam berbagai kegiatan latihan kerelawanan dalam rangka upgrade skill, menambah wawasan dan mengasah potensi bagi setiap anggota. Termasuk juga di acara LATGAB “Pahlawan Penyelamat” ini, SARHID Jatim mengutus personilnya guna kesiapsiagaan di musim hujan yang sedang berlangsung. Dimana bisa dipastikan di beberapa titik wilayah Jatim sering terjadi banjir.

Alhamdulillah SAR Hidayatullah JATIM turut hadir di LATGAB ini. Selain  untuk upgrade skill juga sebagai langkah kesiapsiagaan menghadapi musim hujan. Dimana bisa dipastikan di beberapa titik daerah sering terjadi bencana  banjir. Hal itu yang menjadikan  SARHID Jatim selalu berusaha mengikutsertakan anggotanya dalam setiap even atau pelatihan kerelawanan. Harapannya seluruh anggota SARHID JATIM memiliki kemampuan yang standar dan siap diterjunkan tanpa nanti dan tanpa tapi”. urai Alim. *Sang Pejuang/sarhidjatim.com

You may also like

Leave a Comment