Home SAR Hidayatullah JATIM Ustadz Abdul Shomad Bersama SAR Hidayatullah Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana di Palu dan Sekitarnya

Ustadz Abdul Shomad Bersama SAR Hidayatullah Salurkan Bantuan Untuk Korban Bencana di Palu dan Sekitarnya

by admin
0 comment

Ustadz Abdul Shomad, LC bersama rombongan menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di kota Palu dan sekitarnya. Didampingi oleh Tim SAR Hidayatullah beliau mengunjungi posko-posko pengungsian di sejumlah tempat terdampak bencana.

 

 

sarhidjatim.com – Gempa bumi yang berkekuatan 7,4 skala Richter dan gelombang tsunami yang meluluhlantakkan Palu, Sigi, Donggala, dan sekitarnya beberapa waktu yang lalu membangkitkan nurani seluruh masyarakat Indonesia. Berbagai elemen masyarakat tergugah untuk memberikan bantuan kepada para korban.

Ustadz Abdul Somad, LC pun tak mau ketinggalan. Mewakili para donatur, beliau menyalurkan sejumlah bantuan kepada para korban. Bersama tim gabungan dari beberapa elemen umat Islam diantaranya Tafaquh Study Club, Sahabat al Aqsha, Sekolah Al Azhar Syifa Budi, dan dibantu oleh Tim SAR Hidayatullah, beliau turun langsung menemui para korban.

Selama 2 hari penuh, mulai tanggal 6 – 7 November 2018 beliau menyalurkan donasi dari para donatur seluruh masyarakat Indonesia. Ustadz yang dikenal dengan sebutan da’i sejuta viewers ini menyerahkan seluruh donasi yang terkumpul, mulai rentang waktu 18 Oktober – 03 November 2018.

Donasi disalurkan ke 3 wilayah terdampak gempa bumi dan tsunami yaitu kota Palu, kabupaten Sigi, dan kabupaten Donggala. Untuk kota Palu diserahkan ke posko-posko pengungsian, Majelis Al-Khairat, dan Pondok Pesantren Hidayatullah Palu. Untuk kabupaten Sigi disalurkan ke Masjid desa Tofu, Kecamatan Gombasa. Sementara untuk kabupaten Donggala diserahkan kepada masjid darurat Ar-Rahman, dusun Satu, desa Sumari.

Donasi yang diberikan berupa santunan uang tunai kepada keluarga korban, beberapa imam musholla dan Masjid. Selain itu juga dalam bentuk buku, beras, alat tulis, meja belajar, dan Al-Qur’an untuk anak-anak. Ada juga santunan untuk renovasi masjid dan pesantren terdampak gempa bumi dan tsunami.

Tim SAR Hidayatullah Terjun ke Area Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Sejak Hari Pertama Pasca Gempa

Secara khusus ustadz Abdul Shomad mengucapkan rasa terima kasih kepada tim SAR Hidayatullah yang telah memfasilitasi dan membantu beliau dalam menyalurkan donasi ke posko-posko pengungsian dan tempat-tempat terdampak bencana.

“Saya pribadi secara khusus mengucapkan terima kepada Tim SAR Hidayatullah yang telah membantu kami, menjadi panitia besar dalam rombongan ini. Selama dua hari penuh telah mendampingi saya mengunjungi berbagai tempat. Semoga seluruh personal SAR Hidayatullah senantiasa diberkahi dan dilindungi Allah Swt.” ucap beliau.

Sejak hari pertama pasca bencana, Tim advance SAR Hidayatullah dan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) telah melakukan aksi. Di masa tanggap darurat itu mereka mendirikan posko di Pesantren Hidayatullah cabang Palu, melakukan pemetaan wilayah terdampak, melakukan koordinasi dengan pihak terkait mulai dari Basarnas, BNPB, pemerintah daerah, melakukan evakuasi korban, mendirikan dapur umum, dan menyalurkan bantuan.

Tim SAR Hidayatullah Jawa Timur Mengirimkan Personel dan Bantuan di Pekan Kedua

Tim SAR Hidayatullah Jawa Timur-pun tidak mau ketinggalan. Sejak hari pertama pasca bencana mereka melakukan penggalangan dana di beberapa titik kota dan kabupaten di Jawa Timur. Pada pekan kedua, Tim SAR Hidayatullah Jawa Timur mengirimkan 10 personelnya untuk bergabung dengan tim relawan di posko utama Hidayatullah Peduli, Pondok Pesantren HIdayatullah Palu.

 

Selain untuk meperkuat tim yang sudah ada, personel SAR Hidayatullah Jawa Timur juga menyalurkan bantuan dari para donatur berupa air minum, pakaian layak pakai, beras, dan kebutuhan sembako lainnya.

Hingga saat ini, di masa recovery pasca bencana, Posko Hidayatullah peduli masih terus hadir di tengah-tengah para korban bencana. Posko Hidayatullah Peduli yang merupakan gabungan dari berbagai elemen umat diantaranya SAR Hidayatullah, BMH, IMS, Pos Dai, Sahabat Al Aqsha, dan lembaga sosial lainnya berkomitmen untuk terus melakukan pendampingan terhadap korban bencana hingga kondisi pulih seperti biasanya.

Bagi anda yang ingin berdonasi sebagai bentuk kepedulian di masa Recovery terhadap korban gempa bumi dan tsunami Palu, Donggala, dan sekitarnya bisa menyalurkannya lewat rekening di Bank Syariah Mandiri nomor rekening 7009967933 a/n Yayasan SAR Nasional Hidayatullah atau BSM Norek 7052191372 a/n Yayasan Ponpes Hidayatullah. Konfirmasi donasi ke nomor 0813-3165-2827. *(cakrud)

You may also like

Leave a Comment