Home SAR Hidayatullah JATIM Comb4t Outbound Team Bekali Para Pemuda Jatim Menjadi Fasilitator Outbound

Comb4t Outbound Team Bekali Para Pemuda Jatim Menjadi Fasilitator Outbound

by admin
0 comment

Comb4t Outbound Team dipercaya menjadi narasumber dalam kegiatan Training Of Trainer (TOT) Fasilitator Outbound Training dan Story Telling yang diadakan oleh Pimpinan Wilayah Syabab Hidayatullah Jawa Timur, bertempat di Hidayatullah Probolinggo jalan Porong no 20 pada (11-13/10).

TOT Fasilitator Outbound Training dan Story Telling merupakan salah satu program kerja TIM P3T (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Training) yang dimiliki oleh Syabab Hidayatullah Jawa Timur. Kegiatan yang berlangsung 3 hari tersebut diikuti oleh lebih dari 70 peserta anggota Syabab Hidayatullah se-Jawa Timur.

Menurut Sauma, Ketua PW Syabab Hidayatullah Jawa Timur, TOT Fasilitator Outbound Training ini menjadi salah satu program prioritas untuk membekali dan menambah skill anggota Syabab dalam memberikan pengabdian terbaiknya terhadap masyarakat.

Bagi kami TOT ini menjadi prioritas dalam membekali skill seluruh anggota. Mengingat tantangan pengabdian kedepan pasti membutuhkan skill khusus salah satunya yaitu menjadi fasilitator outbound”. Terangnya.

Outbound tidak hanya identik dengan senang-senang dan bermain semata, namun juga terdapat hikmah yang bisa dipetik dari setiap permainannya. Karenanya, dalam penyusunan materi outbound yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan dari pesertanya. Sehingga harapannya outbound yang diadakan bisa menjadi problem sorver terhadap masalah masalah yang ada di sebuah lembaga, kantor, perusahaan, dinas atau semisalnya.

Pada kesempatan ini, Comb4t Outbond Team yang dipercaya untuk menjadi narasumber. Perlu diketahui bahwa Comb4t Outbound Team ini merupakan badan usaha yang dimiliki oleh SAR (Search And Rescue) Hidayatullah Jawa Timur.  Amal usaha ini bergerak dibidang outbound training.

Pada kegiatan TOT fasilitator outbound training dan strory telling ini, Comb4t outbound team menerjunkan 2 anggotanya yaitu Alim Puspianto dan Arif Rahman. Dalam pemaparanya Alim puspianto yang juga merupakan ketua SAR Hidayatullah Jawa Timur menyampaikan bahwa outbound ini tidak hanya tentang haha hihi hay hello dan kegiatan senang senang semata. Akan tetapi kegiatan yang kita lakukan ini adalah outbound training yaitu kegiatan outbound yang tidak hanya bertujuan senang senang belaka namun suatu kegiatan outbound yang akan mampu menjadi problem solver terhadap masalah masalah yang dihadapi dalam suatu lembaga, instansi atau perusahaan.

 “Outbound ini jangan hanya diidentikkan dengan haha-hihi, hay-hello dan senang senang semata. Akan tetapi ada kegiatan outbound yang mampu memberikan jawaban atas masalah masalah yang tengah dihadapi oleh sebuah lembaga atau perusahaan. Dan itu yang sedang kita ajarkan sekarang ini dengan nama TOT OUTBOUND TRAINING” ujarnya.

Untuk konteks sekarang ini, hampir semua instansi, lembaga atau perusahaan membutuhkan outbound. Ada yang memang bertujuan untuk rekreasi saja tetapi ada juga yang sengaja menggunakan media outbound dalam memenuhi kebutuhan internal yang bertujuan untuk problem solving terhadap masalah yang masih dialaminya. Misalnya adanya masalah kesenjangan antara atasan dan bawahan, masalah  team yang kurang bisa berkerja sama dan masalah maslah lainnya. Dalam hal ini maka provider outbound yang ditunjuk pasti akan mendesain kegiatan outbound sedemikian rupa. Mulai dari pemilihan game gamenya, ice breaking dan tempatnya harus mengarah pada penyelesaian masalah yang sedang dihadapi. Sehingga harapannya pasca mengikuti kegiatan outbound para perserta bisa mengambil pelajaran dan kemudian bisa diterapkan dilingkungan kerjannya.

Pada TOT Fasilitator Outbound Training ini peserta diajarkan mulai dari konsep dasar outbound, masalah masalah dalam lembaga atau perusahaan, aspek komunikasi yang harus dikuasai dan beberapa materi penting lainnya. Tidak hanya materi yang sifatnya teori saja, peserta juga diajak untuk mempraktekkan langsung mulai dari cara mengkonsep sebuah kegiatan outbound hingga jenis jenis permainan yang akan dimainkan dalam outbound. Pada saat kegaiatan praktek lapangan seluruh peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian masing masing kelompok disuruh mendesain konsep outbound sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh instruktur. *Sang Pejuang

You may also like

Leave a Comment